Sabtu, 05 Mei 2012

LAJU TRANSPIRASI PADA TUMBUHAN


I. JUDUL PRAKTIKUM : LAJU TRANSPIRASI PADA TUMBUHAN

II. TUJUAN PRAKTIKUM
1. Mengamati faktor-faktor luar yang mempengaruhi transpirasi
2. Mengetahui kecepatan transpirasi dalam waktu tertentu
3. Mengetahui jumlah air yang diuapkan dalam satuan luas daun dan dalam waktu yang terkait

III. LANDASAN TEORI
Transpirasi pada hakikatnya adalah penguapan. Transpirasi dapat diartikan sebagai hilangnya air dalam bentuk uap air dari dalam jaringan tubuh. Secara umum yang dimaksud penguapan adalah suatu proses pergerakan molekul-molekul zat cair dari permukaan zat cair tersebut ke udara bebas. Hilangnya air dari tubuh tumbuhan sebagian besar melalui permukaan daun disebut transpirasi.
Pada umumnya transpirasi ini terjadi melalui daun daun akan tetapi dapat juga melalui permukaan tubuh yang lainnya seperti batang. Oleh karena itu, dikenal tiga jenis transpirasi, yaitu transpirasi melalui stomata, melalui kutikula, dan melalui lentisel. Walaupun demikian, bahas transpirasi ini biasanya dibatasi pada masalah-masalah transpirasi melalui daun, karena sebagian besar hilangnya molekul-molekul air ini lewat permukaan daun tumbuhan. 
Mengingat akan pentingya pemahan akan transpirasi, maka diadakanlah praktikum ini dengan tujuan untuk mengetahui kecepatan transpirasi dan untuk mengetahui jumlah air yang diuapkan per satuan luas daun dalam waktu tertentu.
Batang tumbuhan yang tumbuh ditanah dapat dibayangkan sebagai dua buah sistem percabangan, satu dibawah dan satu diatas permukaan tanah. Kedua sistem ini dihubungkan oleh sebuah sumbu utama yang sebagian besar terdapat di atas tanah. Sistem yang berada didalam tanah terdiri atas akar yang bercabang-cabang menepati hemisper tanah yang besar. Sistem yang terdapat diatas pemukaan tanah mencakup suatu hemisper yang serupa, dengan permukaan yang ditempati cabang-cabang kecil berdaun lebat secara kolektif akar-akar kecil membentuk permukaan luas yang berhubungan dengan tanah, dan sama halnya dengan daun-daun yang juga membentuk permukaan luas yang berhubungan dengan udara. Dalam keadaan normal, sel-sel berbagai akar dikelilingi oleh larutan tanah yang mempunyai tekanan osmosis umumnya dibawah -2 bar (atmosfer), dan sering kali hampir 0, sedangkan sel-sel daun dan bagian-bagian lain yang berada diatas tanah dikelilingi oleh udara tak jenuh yang kemampuan menyerap airnya beberapa bar. Karena sumbu yang menghubungkan akar dan daun memungkinkan air mengalir dengan tahanan yang wajar, maka tidak dapat dielakkan lagi bahwa air akan mengalir sepanjang gradasi tekanan air yang membentang dari tanah ke udara dalam tubuh tumbuhan. Oleh karena itu, seluruh tumbuhan dapat dibandingkan dengan sebuah sumbu lampu, yang menyerap air dari tanah melalui akar, mengalirkannya melalui batang dan kemudian menguapkannya ke udara dari daun-daun (loveless, 1991).

IV. ALAT DAN BAHAN
1. 4 tabung erlenmeyer
2. Pucuk tanaman Pterocarpus indicus
3. Neraca
4. air
5. vaselin
6. gabus dan pelubang gabus
7. termometer
8. almunium foil atau plastik dan karet pengikat

V. LANGKAH KERJA
1. siapkan alat dan bahan
2. isilah 4 tabung erlenmayer dengan 125 ml air sebanyak 100 ml dan ditutup 3 tabung erlenmeyer dengan gabus yang berlubang dan 1 tabung ditutup dengan alumunium foil (sebagai variabel kontrol)
3. masukkan masing-masing tanaman Pterocarpus indicus (panjang ± 20 cm) dalam botol melalui lubang pada gabus (ujung batang Pterocarpus indicus sudah dipotong miring)
4. berilah vaselin pada sekeliling gabus dan lubang gabus unttuk mencegah terjadinya pengupan selain pada tanaman tersebut
5. timbanglah masing-masing tabung erlenmeyer beserta tanamannya dan catatlah masing-masing beratnya. (sebagai berat awal)
6. letakkan 1 tabung erlenmeyer di dalam ruangan (perlakuaan A), 1 tabung erlenmayer didalam ruangan dan dikipasi (perlakuan B), 1 tabung lainnya diluar ruangan (perlakuan C)
7. ukurlah temperatur udara di dalam dan di luar ruangan
8. setiap 25 menit, timbanglah kembali masing-masing tabung erlenmeyer berserta tanamannya. Lakukan penimbangan sebanyak 2 kali.
9. Setelah penimbangan terakhir selesai ambilah seluruh daun pada masing-masing tanaman (di luar dan di dalam). Timbang berat total daun masing-masing tabung erlenmeyer. Kemudian ambil salah satu daun, potong ukuran 2x2 cm (jangan sampai mengenai tulang daun) untuk dijadikan sampel. Timbang berat sampel daun tersebut dan catat hasilnya.

VI. HASIL PENGAMATAN
No
Perlakuan
Perubahan berat sampel setiap 25 menit (gram)
Berat seluruh daun (gram)
Berat sampel (gram)
Berat awal
Berat I
Berat II
1
Di luar ruangan (A)
166,20
165,78
164,68
2,30
0,13
2
Di dalam ruangan (B)
168,88
168,38
168,08
1,24
0,09
3
Di dalam ruangan+di kipasi (C)
167,86
167,54
166,80
2,64
0,17
4
D (Kontrol )
165,90
165,54
165,22
2,06
0,14

















VII. ANALISIS DATA  
Pada sampel A yang disimpan diluar ruangan memiliki berat awal 166,20 gram. Setelah didiamkan diluar ruangan pada 25 menit pertama beratnya berkurang sebanyak 0,42 gram menjadi 165,78 gram , kemudian setelah kembali didiamkan  25 menit selanjutnya beratnya kembali berkurang 1,1 gram. Total berat yang hilang selama 50 menit adalah 1,52 gram. Berkurangnya berat pada sampel A mengindikasikan adanya kehilangan air melalui peristiwa transpirasi yang terjadi pada 17 helai daun dengan berat daun secara keseluruhan 2,30 gram dan berat rata-rata per helaian daun 0,13 gram. Laju transpirasi menjadi lebih cepat karena adanya sinar matahari.
Pada sampel B yang disimpan didalam ruangan, pada awal penimbangan memiliki berat 168,88 gram. Pada 25 menit pertama setelah disimpan di dalam ruangan, berat sampel berkurang sebanyak 0,5 gram sehingga berat sampel menjadi 168,38, setelah 25 menit kedua berat sampel kembali berkurang sebanyak 0,3 gram gram. Kemudian sehingga berat akhirnya 168,08 gram. Total kehilangan berat yang terjadi pada sampel yang disimpan didalam ruangan selama 50 menit adalah sebanyak 0,8 gram. Transpirasi tersebut terjadi pada 14 helai daun dengan berat 1,24 gram dan berat rata-rata per daun 0,9 gram. Pada sampel B diketahui bahwa didalam ruangan pun proses transpirasi masih tetap terjadi walaupun dalam jumlah yang sangat kecil.
Sampel C yang disimpan didalam ruangan dan diberi perlakuan pengipasan, berat awal pada saat penimbangan adalah 167,86 gram. Pada dua puluh lima menit pertama terjadi kehilangan berat sebanyak 0,32 gram , sehingga beratnya menjadi 167,54 gram. Kemudian setelah 25 menit berikutnya beratnya kembali berkurang sebanyak 0,74 gram sehingga total kehilangan berat sebanyak 1,06. Berat daun secara keseluruhan adalah 2,64 gram (jumlah daun secara keseluruhan sebanyak 15 helai daun) dengan berat rata-rata per helai daun  sebanyak 0,17 gram. Dari data ini diketahui bahwa angina memiliki pengaruh pada laju transpirasi tumbuhan.
Pada sampel control yang disimpan di dalam ruangan dengan labu Erlenmeyer yang ditutupi oleh aluminium foil , awal penimbangan beratnya adalah 165,90 gram kemudian setelah disimpan selama 25 menit berat berkurang sebanyak 0,36 gram sehingga beratnya menjadi 165,54 gram. Pada 25 menit selanjutnya beratnya kembali berkurang sebanyak 0,32 gram dan berat akhir menjadi 165,22 gram. Total kehilangan berat yang terjadi pada sampel control akibat transpirasi adalah sebanyak 0,68 gram dari 14 helai daun dengan berat keseluruhan 2,06 dengan berat rata-rata per daun 0,14 gram.

VIII.  PEMBAHASAN  
Transpirasi dapat diartikan sebagai proses kehilangan air dalam bentuk uap dari jaringan tumbuhan melalui stomata. Kemungkinan kehilangan air dari jaringan lain dapat saja terjadi, tetapi porsi kehilangan tersebut sangat kecil dibandingkan dengan yang hilang melalui stomata. Oleh sebab itu, dalam perhitungan besarnya jumlah air yang hilang dari jaringan tanaman umumnya difokuskan pada air yang hilang melalui stomata.
Dwidjoseputro (1989), menyatakan bahwa transpirasi mempunyai arti penting bagi tanaman. Transpirasi pada dasarnya suatu penguapan air yang membawa garam-garam mineral dari dalam tanah. Transpirasi jiga bermanfaat di dalam hubungan penggunaan sinar matahari, kenaikan temperatur yang diterima tanaman digunakan untuk penguapan air.
Transpirasi dibedakan menjadi tiga macam berdasarkan tempatnya, yaitu transpirasi kutikula, transpirasi lentikuler, transpirasi stomata. Hampir 97% air dari tanaman hilang melalui transpirasi stomata. 
Proses transpirasi pada dasarnya sama dengan proses fisika yang terlibat dalam penguapan air dari permukaan bebas. Dinding mesofil basah yang dibatasi dengan ruang antar sel daun merupakan permukaan penguapan. Konsentrasi uap air dalam ruang antar sel biasanya lebih besar daripada udara luar. Manakala stomata terbuka, lebih banyak molekul air yang akan keluar dari daun melalui stomata dibandingkan dngan jumlah yang masuk per satuan waktu, dengan demikian tumbuhan tersebut akan kehilangan air.
Kegiatan transpirasi dipengaruhi banyak faktor, baik faktor dalam maupun luar. Faktor dalam antara lain besar kecilnya daun, tebal tipisnya daun, berlapis lilin atau tidaknya permukaan daun, banyak sedikitnya bulu pada permukaan daun, banyak sedikitnya stomata, bentuk dan letak stomata (Salisbury&Ross.1992) dan faktor luar antara lain:

1. Kelembaban
Bila daun mempunyai kandungan air yang cukup dan stomata terbuka, maka laju transpirasi bergantung pada selisih antara konsentrasi molekul uap air di dalam rongga antar sel di daun dengan konsentrasi mulekul uap air di udara.
2. Suhu
Kenaikan suhu dari 180 sampai 200 F cenderung untuk meningkatkan penguapan air sebesar dua kali. Dalam hal ini akan sangat mempengaruhi tekanan turgor daun dan secara otomatis mempengaruhi pembukaan stomata.
3. Cahaya
Cahaya memepengaruhi laju transpirasi melalui dua cara pertama cahaya akan mempengaruhi suhu daun sehingga dapat mempengaruhi aktifitas transpirasi dan yang kedua dapat mempengaruhi transpirasi melalui pengaruhnya terhadap buka-tutupnya stomata.
4. Angin
Angin mempunyai pengaruh ganda yang cenderung saling bertentangan terhadap laju transpirasi. Angin menyapu uap air hasil transpirasi sehingga angin menurunkan kelembanan udara diatas stomata, sehingga meningkatkan kehilangan neto air. Namun jika angin menyapu daun, maka akan mempengaruhi suhu daun. Suhu daun akan menurun dan hal ini dapat menurunkan tingkat transpirasi.
5. Kandungan air tanah
Laju transpirasi dapat dipengaruhi oleh kandungan air tanah dan alju absorbsi air di akar. Pada siang hari biasanya air ditranspirasikan lebih cepat dari pada penyerapan dari tanah. Hal tersebut menyebabkan devisit air dalam daun sehingga terjadi penyerapan yang besar, pada malam hari terjadi sebaliknya. Jika kandungan air tanah menurun sebagai akibat penyerapan oleh akar, gerakan air melalui tanah ke dalam akar menjadi lambat. Hal ini cenderung untuk meningkatkan defisit air pada daun dan menurunkan laju transpirasi lebih lanjut (Loveless,1991).
Unsur kalium sangat memegang peranan dalam proses mermbuka dan menutupnya stomata (stomata movement) serta transportasi lain dalam hara lainnya, baik dari jaringan batang maupun lasngsung dari udara bebas. Dengan adanya defisiensi kalium maka secara langsung akan memperlambat proses fisiologi, baik yang melibatkan klorofil dalam jaringan daun maupun yang behubungan dengan fungsi stomata sebagai faktor yang sangat penting dalam produksi bahan kering secara umum. Semakin lama defisiensi kalium maka akan semakin berdampak buruk terhadap laju proses fisiologi dalam jaringan daun. Semakin berat defisiensi kalium pada gilirannya akan berdampak semakin parah terhadap rusaknya pertumbuhan daun (Masdar, 2003)
Transpirasi yang terjadi memang dapat merugikan tanaman, namun juga bermanfaat bagi tanaman antara lain:
1. Meningkatkan daya isap daun pada penyerapan air
2. Mengurangi jumlah air dalam tumbuhan jika terjadi penyerapan yang berlebihan.
3. Dapat menumbuhkan tanaman penghisapan dan pengangkutan serta meningkatkan hormon 
4. Mempengaruhi tanaman difusi   secara langsung tidak langsung  memperlancar difusi sel 
5. Mempengaruhi absorbsi air dan mineral oleh akar 
6. Berperan penting dalam transportasi zat hara dari suatu bagian tanaman ke bagian tanaman lainnya 
7. Mempengaruhi evaporasi dalam sejumlah air 
8. Mempertahankan kestabilan suhu daun 
9. Berkaitan dengan membuka dan menutupnya stomata yang secara tidak langsung tidak mempengaruhi transpirasi dan respirasi.

IX. KESIMPULAN 
  • Bahwa penguapan yang paling banyak terjadi pada perlakuan ( A ) yaitu pada tanaman yang di simpan di luar ruangan yaitu dengan selisih sebanyak 0,42 gram menjadi 165,78 gram , kemudian setelah kembali didiamkan  25 menit selanjutnya beratnya kembali berkurang 1,1 gram. Total
  • Bahwa penguapan yang paling sedikit terjadi pada perlakuan ( B ) yaitu pada tanaman yang disimpan di dalam ruangan  yaitu dengan selisih berkurang sebanyak 0,5 gram sehingga berat sampel menjadi 168,38, setelah 25 menit kedua berat sampel kembali berkurang sebanyak 0,3 gram gram.
  • Bahwa sinar matahari sangat berpengaruh terhadap proses transpirasi hal ini terbukti dengan besarnya selisih yang terjadi pada perlakuan A yang disimpan di luar ruangan berbeda cukup besar dengan jumlah selisih yang terjadi pada perlakuan B yang disimapan di dalam ruangan.
  • Bahwa angin juga berpengaruh terhadap proses transpirasi yaitu terbukti dengan perlakuan C yang di simpan di dalam ruangan dengan  dikipasi. Jumlah selisih penguapannya juga bertambah sehingga lebih besar daripada perlakuan B yaitu tanaman yang hanya di simpan di dalam ruangan saja tanpa dikipasi.





Source:

http://www.indoforum.org/t34436/#ixzz1sBU1rqyW
http://klimatologi.wordpress.com/2009/01/02/transpirasi/
http://pengertian-definisi.blogspot.com/2010/11/transpirasi.html






0 komentar:

Posting Komentar